21 November 2008

KONDENSATOR (KAPASITOR)

Kondensator adalah suatu alat yang mempunyai kemampuan memuat (menyimpan) elektron2 atau tenaga listrik selama waktu yang tidak tertentu. Kemampuan untuk menyimpan tenaga listrik pada kondensator disebut kapasitas (kapasiteit) kondensator. Penyimpanan tenaga listrik oleh kondensator tidak disertai proses kimia. Berbeda dengan akumulator yang dipakai di mobil yang juga menyimpan tenaga listrik tetapi mengalami proses kimia.
Tiap2 kondensator mempunyai daya tampung elektron dan daya tahan terhadap tegangan tertentu. Daya tahan ini perlu diperhatikan betul2 pada waktu praktek. Pemberian tegangan (volt) melebihi batas tegangan yang ditetapkan akan mengakibatkan kondensator itu meledak, kondensator yang dapat meledak biasanya kondensator elektrolit yang disingkat ELCO.
Cara pemasangan elco ini harus diperhatikan, kaki kondensator yang berkutub positip harus dipasang bersambung dengan kutub positip dari power supply (sumber tenaga), begitu juga kaki kondensator yang berkutub negatip harus dihubungkan ke kutub negatip dari sumber tenaga. jika terjadi kesalahan pemasangan, kondensator itu dapat rusak dan mungkin juga meledak.
Kondensator adalah alat yang sangat penting dan sangat banyak digunakan di dalam teknik radio, amplifier, televisi, adaptor, dan pesawat elektronika lainnya. Kondensdator sedikitnya terdiri dari dua pelat logam yang berhadapan satu sama lain dan dipisahkan olehg bahan isolasi yang disebut dielektrikum. adapun pelat logam pada kondensator dapat dilukiskan sebagai berikut.


Kedua pelat kondensator (pelat A dan pelat B) dihubungkan ke dinamo. Suatu ketika kondensator itu sudah terisi penuh tenaga listrik. Setelah kondensator itu terisi penuh dengan tenaga listrik, lalu dilepaskan dari dinamo. Kemungkinan kaki pelat A dan kaki pelat B dari kondensator disambung secara hubung singkat, maka timbullah loncatan bunga apiu ketika terjadi hubungan singkat tersebut. Kejadian ini membuktikan bahwa kondensator dapat menyimpan listrik. Tentu saja kondensator yang dicoba harus berkapasitas besar misalnya elco 2200 uF/50V atau 4700uF/50V.

Jenis-jenis kondensator :
  • Kondensator tetap
  • Kondensator variabel
DOANCO © 2008 Template by:
SkinCorner