11 Desember 2008

CARA MENGUKUR DIODA

Untuk menentukan baik atau rusaknya suatu dioda, dapat digunakan ohmmeter. Berhubung dioda hanya dapat menghantar arus searah saja, maka pada waktu pengukuran alat tersebut dengan ohmmeter, pointer ohmmeter hanya dapat digerakkan jika + terminal testpen dihubungan ke kaki katoda dioda, sedangkan — com terminal testpen dihubungkan ke kaki anoda dioda. Jika arah kedua testpen yakni ± terminal dan — com terminal dipertukarkan posisinya dengan hubungan sebagai berikut:
+ Terminal testpen dihubungkan ke kaki anoda dan — corn terminal testpen dihubungkan ke kaki katoda dioda, maka pointer ohmmeter tidak boleh bengerak. Hasil pengukuran tersebut menunjukkan bahwa dioda dalam keadaan baik karena hanya mengalir searah saja. Jika setelah diukur dengan ohmmeter dengan cana testpen, ohmmeter saling dipertukarkan arahnva dan dihubungkan ke kaki dioda yang sedang diukur menunjukkan:
  • Ukuran tertentu (pointer menunjukkan ohm tertentu), maka keadaan demikian menunjukkan bahwa dioda tersebut sudah rusak karena hubungan singkat.
  • Seterusnya jika pada saat pengukuran, pointer ohmmeter tidak menunjukkan ohm sama sekali ‘(pointer tidak bergerak sama sekali), maka keadaan demikian menunjukkan bahwa dioda sudah rusak karena putus.
Hasil pengukuran pada Gambar di atas menunjukkan dioda dalam keadaan baik. Semua dioda, baik dioda kontak titik, dioda hubungan, dan dioda zenen maupun led dapat diukur dengan cara seperti yang tergambar pada Gambardi atas.

5 komentar:

heri sys mengatakan...

Kayaknya dulu pernah diajarin kayak gini..... :D

rifqi mengatakan...

terima kasih atas ilmunya.
minta ilmu sedikit aja
boleh tahu tidak mana yang kaki katoda dan mana yang kaki anoda
(rifqiadha@gmail.com)
trims

rico mengatakan...

good ...

Ratna mengatakan...

now i know, thx's somat

Anonim mengatakan...

HAYAH BLOG KOQ ADA LAGUNYA.... BIAR KEREN GITU MAKSUDNYA.... TAPI MALAH GOBLOG BEGO SETAN ANJING MONYET.... ISINYA JUGA NGGAK JELASSSSS...... JANGAN SOK DEHHH.... NGGAK TERIMA..... HUB AJA NOMOR GUE... NI BANGSAT NOMOR GUE 0813 2977 4561

Poskan Komentar

DOANCO © 2008 Template by:
SkinCorner