24 April 2009

MENYIMPAN DAN MENDISTRIBUSIKAN VIDEO KLIP

Akhirnya proyek video klip kita nyaris selesai. Nyaris? Ya, belum sepenuhnya selesai. Jika sepanjang proses pembuatan video klip ini kita selalu melakukan langkah penyimpanan (save), sebetulnya yang kita simpan adalah proyek pembuatan video klip; bukan video klipnya itu sendiri. Kita belum bisa mernutar video klip kita di pemutar film di komputer, dan juga kita belurn bisa menyebarkannya ke orang lain. Kita perlu menyimpan video klip kita sebagai sebuah film. Yang perlu kita tentukan sejak awal adalah cara menyimpan dan mendistribusikannya. Apakah video klip kita akan disebarkan lewat e-mail? Atau, akan ditonton di komputer? Atau, akan direkam lagi ke dalam camcorder/handycarn digital? Atau akan kita olah menjadi film VCD/DVD?

Mari kita coba saja menyimpan video klip kita sebagai sebuah file film. Caranya:
  1. Aktifkan menu Finish Movie pada Task Pane. Di situ tampak beberapa pilihan.(*) Jika kita ingin menyimpan video klip kita untuk tujuan disebarkan lewat e-mail, pilihlah opsi Send in e-mail. (*) Jika kita mau mengirimkannya ke web, pilihlah opsi Send in the Web. (*) Jika kita mau merekam video klip kita ke camcorder/handycam digital lagi, pilihlah opsi Send to DV Camera. Jangan lupa untuk menghubungkan camcorder/handycam digital dengan komputer kita. (*) Jika ingin langsung menyimpannya di CD, pilihlah Send to CD. Syaratnya, komputer kita harus dilengkapi dengan CD Writer. Kalau ingin menyimpannya dikomputer kita sendiri, pilihlah Save to my computer. Opsi ini juga sebaiknya dipilih jika kita berencana untuk mengemas video klip sebagai film VCD/DVD .
  2. Jika kita memilih opsi Save to my computer, maka kita akan rnendapatkan halaman Saved Movie File. Di situ ada 2 bidang yang harus diisi. Masukkanlah nama file untuk video klip yang akan disimpan ini pada bidang nomor 1 (Enter a file name for your save movie). Dan pilihlah lokasi untuk menyimpan file video klip ini pada bidang nomor 2 (Choose a place to save your movie). Caranya, klik tombol Browse dan pilih folder tern pat akan disimpannya file ini pada jendela Browse For Folder . Dan kalau kita akan membuat folder baru, klik tornbol Make New Folder dan beri nama untuk folder baru ini. Setelah kita tentukan lokasinya, kliklah tombol OK .
  3. Kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan ke halaman berikutnya
  4. Di halaman Movie Setting, cobalah klik tombol Show more choice. Kita akan lihat beberapa pilihan movie setting. Movie setting yang kita pilih akan mempengaruhi kualitas dari video klip yang kita buat ini. Untuk keperluan disimpan di komputer pilihlah Best quality for playback on my computer (recommended) .Kalau kita berencana untuk membuat film VCD/DVD, pilihlah opsi Other Setting dengan setting DV-AVI (PAL). Untuk membuat film VCD/DVD kita akan membutuhkan software lain yang tergolong sebagai program VCD/DVD Authoring. Dan klik tombol Next.
  5. Tunggulah beberapa saat sampal proses saving selesai .
  6. Setelah proses saving selesai, kalau kita ingin melihat video klip yang sudah disimpan ini pilihlah opsi Play movie when I click Finish Dan ketika kita meng-kilk tombol Finish, video kip yang disimpan ini langsung dapat dilihat.
Dan sekarang kita sudah memiliki sebuah video klip hasil buatan sendiri! Bikin video klip sendiri memang gampang, kok.

2 komentar:

Javabizz mengatakan...

nice post bro..

Anonim mengatakan...

thank you verry kind of you .

Poskan Komentar

DOANCO © 2008 Template by:
SkinCorner