01 April 2009

BAHAN YANG PERLU DISIAPKAN

Untuk memulai proyek video klip, rekan2 tentu membutuhkan bahan yang diperlukan untuk diolah. Seperti rekaman gambar maupun suara dalam format digital: foto, film, maupun rekaman suara. Yang penting perlu memperhatikan format masing-masing bahan digital itu.

FOTO
Gambat digital yang dikenali oleh Windows Movie Maker adalah file dengan ekstensi : .bmp, .dib, .emf, .gif, .jpeg, .png, .tif, .tiff, .wmf
File foto atau gambar jenis tsb dapat rekan2 dapatkan dari hasil jepretan kamera digital. Atau kalau rekan2 mempunyai koleksi foto-foto dalam bentuk cetakan, harus men-scan-nya.

FILM
File film digital yang dikenali oleh Windows Movie Maker adalah file dengan ektensi .asf, .avi, .m1v , .mp2 , .mp2v , .mpe , .mpeg , .mpg , .mpv2 , dan .mmv
File film digital tsb di atas dapat rekan2 peroleh :
  • Koleksi film digital yang rekan2 download dari internet
  • Film digital dari kamera handphone
  • Film digital dari VCD atau DVD
  • Film digital dari hasil rekaman camcorder/handycam
Dari manapun film2 digital itu diperoleh, pastikan bahwa formatnya cocok dengan format film digital yang dikenali oleh Windows Movie Maker dan harus tersimpan dalam komputer. Dan jika rekan2 menggunakan film digital berasal dari handphone atau VCD/DVD, bisa jadi rekan2 membutuhkan software untuk mengubah formatnya sehingga sesuai dengan Windows Movie Maker.

AUDIO
Dalam pembuatan video klip, sudah barang tentu dapat dipastikan membutuhkan audio musik. Rekan2 bisa mendapatkan bahan audio itu dari CD atau file musik lainnya. Dari manapun sumbernya, pastikan bahwa file musik digital yang dipakai berformat .aif , .aifc , .aiff, .asf , .au , .mp2 , .mp3 , .mpa , .snd , .wav , dan .wma. Karena Windows Movie Maker hanya mendukung file audio dengan for,at tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar

DOANCO © 2008 Template by:
SkinCorner