17 April 2009

MENGATUR DURASI

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan pada fase mengedit video klip adalah memastikan bahwa gambar dan suara itu sinkron. Durasi gambar daBahkan dapat pula mengubah durasi file-file yang disertakan dalam proyek ini satu per satu. Kali ini yang dlakukan adalah simulasi mengubah durasi file yang disertakan dalam video klip. Dalam simulasi ini, akan diambil contoh cara mengubah durasi file foto. Untuk mengubah durasi file foto, dilakukan dengan sebagai berikut :
  1. Pilihlah file foto di dalam timeline/storyboard ayang akan diubah durasinya.
  2. Arahkan kursor mouse ke ujung klip sampai kursor mouse berubah bentuk menjadi sebuah tanda panah dua arah berwarna merah.
  3. Klik tombol kiri mouse jangan dilepas. Geserlah mouse ke arah kiri file foto yang dipilih untuk memperpendek durasi, atau ke arah kanan untuk memperpanjang durasi. Coba perhatikan kotak berwarna "Ungu" yang terletak di bawah kursor mouse (tanda panah dua arah). Kotak itu menunjukkan durasi dari file foto.

Untuk mengubah durasi file gambar (foto maupun film) lainnya yang ada di proyek video klip, lakukan cara yang sama sampai kita menemukan durasi yang selaras. Durasi file foto bisa diatur sepanjang mungkin karena file foto menghasilkan gambar tidak bergerak. lain halnya dengan file film, yang mempunyai batas durasi tertentu. Itu sebabnya, sebaiknya sejak awal sudah direncanakan file film apa saja yang bisa dipakai sambil memperhitungkan durasinya. Cara yang sama bisa digunakan untuk mengatur durasi file audio. Tetapi, file seperti file film, file audio juga mempunyai batas durasi tertentu. Kalau durasi penuh sebuah file audio kurang maka mau tak mau harus menambah file audio lain agar sinkron dengan gambar.

Berikut ini simulasi mengubah durasi audio:
  1. Pilihlah file audio yang terletak didalam track Audio/Musik pada timeline/storyboard dengan mengkliknya.
  2. Arahkan kursor mouse ke bagian ujung klip audio sampai kursor tersebut berubah bentuk menjadi sebuah tanda panah dua berwarna merah.
  3. Klik tombol kiri mouse dan jangan dilepas, lalu geserlah kursor ke arah kiri untuk memperpendek atau ke arah kanan untuk memperpanjang durasi.
Cara-cara tadi dapat digunakan untuk mengatur durasi video klip secara keseluruhan. Sekarang cobalah untuk meutar klip itu kembali, caranya klik menu Play dan pilih perintah Play Clip. Bagaimana? Apakah video klip yang sudah berubah? Kalau masih belum puas, biarkan saja seperti itu dahulu, dan jangan lupa untuk men-save-nya.

10 komentar:

DIJOPANLEE mengatakan...

Software nya yang digunakan itu apa bu ???

Muamar rizki mengatakan...

movie maker

Em Syech mengatakan...

Eaa... Software nya mna, Soalnya ane lg btuh..

Ikki mengatakan...

Terima kasih brow atas infonya. :)
@Em Syech: download aja gan softwarenya disini: www.windows-movie-maker.org/‎

Shafira Agsha mengatakan...

Tapi kalau di web www.windows-movie-maker.org/
kalo aku ada virusnya & ga bisa di instal

Anonim mengatakan...

ngubah durasi fotonya harus satu satu bu?
kalau ada lebih dari 100 foto itu bisa nda durasinya biar sama..

alrizal rahmatusyam mengatakan...

kalo cara mengatur durasi tulisan di movie merker gmn??

Jelly Gamat Gold G mengatakan...

Terimkasih Atas Informasinya, sangat membantu sekali,.
Update terus blognya

http://jellygamatgoldgpro.com/

Unknown mengatakan...

http://www.situstas.com

Ilfat Bariki mengatakan...

www.softwareilfat.blogspot.com

Poskan Komentar

DOANCO © 2008 Template by:
SkinCorner