23 April 2009

MEMBERI JUDUL VIDEO KLIP

Masih ada yang kurang? Mmmh, mungkin kita perlu memberi judul pad3 video klip ini. Ya, dengan memberikan judul, mungkin saja bisa memberi gambaran tentang isi video klip ini buat yang akan menon¬ton nya. Kalau kita akan membuat judul video klip, caranya:
  1. Kliklah menu Tools dan pilih opsi Titles and Credits .
  2. Kemudian terbuka halaman Where do you want to add a title?. Cobalah kita lihat daftar pilihan yang tersedia. Daftan pilihan ini adalah untuk menentukan letak judul di dalam timeline. Misalnya judul yang kita buat ini akan kita letakkan di awal video klip, pilihlah opsi Add title at the beginning of the movie .
  3. Di halaman Enter Text for Title, kita temukan dua buah lajur. Di lajur atas, kita bisa mengisikan judul utama dan di dalam lajur bawah untuk sub judulnya. Kita boleh mengisi hanya satu lajur saja. Coba kita rnasukkan judulnya . Dan lihatlah tampilan animasinya di layan monitor . Untuk melihat kembali tampilan animasi, klik tombol Play pada monitor.
  4. Sudah puas dengan animasi yang ditampilkan? Kalau ingin menggantinya coba klik tombol Change the title animation yang ada di bawah teks More options .
  5. Pada halaman Choose the Title Animation, kita akan menemukan banyak pilihan animasi. Dan ada dua kolom di dalamnya. Kolom Name menampilkan nama animasinya, sedangkan kolom Description menampilkan deskripsikan dari animasi tersebut. Untuk melihat seluruh animasi yang ada, geserlah slider atas atau ke bawah. Kalau kita tadi memasukkan teks judul ke dalam dua lajun teks sebaiknya pilihlah animasi dengan kategori dua lajur (Title, Two Lines). Dan kalau misalkan kita hanya memasukkari teks judul ke dalam satu lajur saja (judul utama saja), sebaiknya kita pilih animasi yang ada di dalam kategori satu lajur (Title, One Line). Cobalah pilih salah satu animasi dengan cara meng-klik-nya, dan lihatlah tampilannya di layar monitor. Misalnya kita pilih animasi Moving Titles, Layered . Hasilnya akan tampak seperti berikut :
  6. Dan kalau kita ingin mengubah warna teks, font, atau background-nya, coba kita klik tombol Chanqe the text font and color .
  7. Akan terbuka halaman Select Title Font and Color. Di sini kita temukan beberapa pilihan untuk mengatun teks judul. Untuk mengubah font, cobalah klik kotak pada opsi Font dan pilihlah font yang akan digunakan . Dan lihatlah tampilannya di layar monitor. Mungkin kita juga ingin mengganti warna teksnya, kliklah tombol Change the Text Color pada opsi Color . Kemudian pilihlah warna yang akan digunakan pada jendela Color yang akan terbuka, lalu klik tombol OK . Coba lihatlah tampilannya di layar monitor dengan meng-klik tombol Play pada monitor. Untuk mengganti warna background-nya, kliklah tombol Change the Background Color pada opsi Color .Kemudian pilihlah warna background yang akan digunakan pada jendela Color, lalu klik tombol OK.
  8. Kalau semuanya sudah cukup, kliklah tombol Done, add title to movie .

Coba kita lihat susunan kip di dalam timeline. Klip judul diletakkan di urutan paling awal pada timeline . Sekarang putarlah klipnya dan lihatlah di layar monitor. Biasanya, ketika menonton film kita akan melihat credit title. Yaitu, teks yang berisi nama-nama pemainnya, sutnadara, atau yang lainnya di akhir film tersebut. Kalau kita juga ingin menambahkan credit pada video klip ini ikuti langkah berikut ini.
  1. Klik menu Tools clan piliri opsi Titles and Credits.
  2. Kliklah opsi Add credits at the end of the movie di halaman Where you want to add a title.
  3. Di halaman Enter Text for Title, kita akan menemukan bidang teks yang terdiri dari 7 lajur dan 2 kolom. Cobalah masukkan teks credit ke dalam bidang tersebut. Dan lihat tampilannya di layar monitor.
  4. Untuk mengganti tampilan animasinya, klik tombol Change the title animation.
  5. Dan untuk mengganti font, warna teks atau warna background, kliklah tombol Change the text font and color.
  6. Setelah selesai, klik tombol Done, add title to movie.

Lihatlah klip credit title di dalam timeilne. Klip ini diletakkan di bagian akhir timeline . Sekarang coba kita putar klipnya, dan jangan lupa untuk selalu men-save kerjaan kita ini.
Kalau misalnya sewaktu-waktu kita akan mengeditnya, lakukan cara berikut mi:
  1. Pilihlah klip judul atau credit di dalam timeline.
  2. Kemudian klik menu Edit dan pilih perintah Edit Title .
  3. Sekarang kita edit bagian mana saja yang akan kita ubah: animasinya, teks judul atau credit-nya, atau yang lainnya.
  4. Setelah kita melakukan pengeditan, klik tombol Done.

0 komentar:

Poskan Komentar

DOANCO © 2008 Template by:
SkinCorner