22 April 2009

MENGUBAH SUSUNAN FILE DI TIMELINE/ STORYBOARD

Coba putar kembali video klip kita. Teliti kembali susunan dari klip-klip itu. Apakah file-file itu sudah tensusun sesuai dengan yang kita inginkan? Kalau kita belum puas dengan susunan file yang sudah kita susun di dalam timeline kita bisa mengubah susunannya. Untuk mengubah susunan file gambar di dalam timeline caranya adalah sebagai berikut :
  1. Misalnya, kita akan menindahkan file gambar urutan ketiga. Kliklah misal, file gambar urutan ketiga itu.
  2. Tekan tombol kanan mouse dan jangan dilepas.
  3. Geretlah (drag) klip itu dan letakkan di tempat yang kita inginkan sampai terlihat garis pembatas berwarna biru .
  4. Lepaskanlah tombol mouse dan klik perintah Move .
Bila perlu, cobalah tata kembali susunan klip dengan cana seperti tadi. Dan temukan susunan yang benar-benar tepat untuk video klip yang kita bikin ini. File audio juga bisa kita ubah susunannya. Misal, file audio yang semula berada di bawah file gam bar pentama akan kita geser menjadi berada di bawah file gambar kedua. Untuk mengubah letak file audio itu, caranya adalah:
  1. Kliklah file audio yang akan kita geser atau pindahkan letaknya.
  2. Kita akan lihat kursor mouse berubah menjadi bentuk telapak tangan. Tekan mouse dan jangan dilepas. Geserlah ke tempat yang kita inginkan. Ketika kita menggesernya, akan terlihat warna biru pada track Audio/Music.
  3. Setelah kita tentukan letaknya, lepaskan tombol mouse dan posisi klip audio akan berubah.
Jangan lupa, setiap kita melakukan perubahan di dalam timeline storyboard, sebaiknya kita putar kembali klip tersebut. Karena dengan seringnya kita memutar ulang klip-klip tersebut, kita dapat mengevaluasi kekurangan yang ada di dalam video klip ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

DOANCO © 2008 Template by:
SkinCorner