04 Desember 2008

KODE ANGKA KONDENSATOR

Kapasitas kondensator dan daya tahannya terhadap suatu tegangan biasanya dicantumkan pada kondensator tersebut dengan ukuran uF atau pf. Untuk kondensator yang memakai uf biasanya dicantumkan uf-nya pada badan kondensator tersebut, sedangkan kondensator yang tidak tercantum kata uf di badan kondensator tersebut biasa ukuran kondensator memakai ukuran pf. Untuk kondensator yang memakai pf, angka pertama dan angka kedua dari sebelah kiri menyatakan besarnya bilangan, angka ketiga menyatakan banyaknya nol yang dapat dihubungkan dengan angka pertama dan angka kedua yang sudah membentuk bilangan.
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :
Keterangan :
  1. Angka pertama dan angka kedua menyatakan bilangan 10, angka ketiga bernilai 1 menyatakan bahwa banyak nol hanya 1 buah, Jadi kondensator tsb berukuran 100 pf.
  2. Angka pertama dan angka kedua menyatakan bilangan 68, angka ketiga tidak ada, Jadi kondensator keramik berukuran 68 pf.
  3. Angka pertama dan angka kedua menyatakan bilangan 20, angka ketiga bernilai 3, Jadi kondensator keramik berukuran 20.000 pf.
  4. Merupakan kondensator keramik yang memakai ukuran uf = 0,o1 uf.
  5. Angka pertama dan angka kedua pada kondensator milar menyatakan bilangan 47, angka ketiga bernilai 3 menyatakan banyaknya nol ada tiga buah. Jadi kondensator milar berukuran 47.000 pf.

DOANCO © 2008 Template by:
SkinCorner