02 Desember 2008

GOOGLE WEB

Inilah yang paling banyak dilakukan orang di Google: mencari dokumen web. Tidak ada tata cara khusus untuk rnemulainya, terkecuali jika kita mempunvai kesukaan tertentu dalam menggunakan Google. Kalau mau, kita bisa menentukan terlebih dahulu kesukaan-kesukaan kita dengan mengklik link Kesukaan atau Preferences.
Di halaman Kesukaan kita bisa menentukan bahasa pengantar yang dipakai Google, dokumen yang ditulis dalam bahasa tertentu, jumlah hasil pencarian yang ditampilkan di setiap halaman, dan window tempat menampilkan hasil pencarian yang kita klik. Cara menggunakannya:
  1. Klik link Kesukaan atau Preferences.
  2. Pada lajur Bahasa Pengantar atau Interface Language, pilihlah bahasa yang kita suka.
  3. Pada lajur Bahasa Pencarian atau Search Language
  4. Jika kita ingin mencari dokumen yang ditulis dalam bahasa apapun, pilihlah Cari halaman web yang ditulis dalam segala bahasa atau Search for pages written in any language.
  5. Jika kita ingin mencari dokumen yang ditulis dalam bahasa tertentu, pilihlah Cari hanya dalam bahasa berikut atau Search only for pages written in these language(s), lalu pilihlah bahasa-bahasa yang kita mau. Khusus Untuk opsi ini, Google tampaknya tidak terlalu konsisten. Tidak jarang kita akan menemukan hasil pencarian yang ditulis dalam bahasa yang tidak kita kehendaki. Saya menguji coba fasilitas ini pada September 2005, dengan menggunakan kata kunci Bali dan memilih Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang dikehendaki. Hasilnya, ternyata masih ada dokumen berbahasa Inggris yang disajikan dalam hasil pencarian.
  6. Pada lajur Jumlah Hasil atau Number of Results, tentukan angka yang anda kehen¬daki. Jika anda menghendaki setiap halaman hasil pencarian berisikan 23 link, maka tulislah 23.
  7. Pada lajur Window Hasil atau Results Window, kita bisa memilih opsi Buka hasil pencarian di browser window baru atau Open search results in a new browser window. Jika kita memilih opsi ini. maka setiap link hasil pencarian yang kita klik akan disajikan di window baru. Ada baiknya opsi ini dipilih karena akan memudahkan kita untuk mencoba berbagai link basil pencarian tanpa repot menekan tombol Back pada browser.
  8. Jika kita menggunakan Google versi Bahasa Inggris akan tampak lajur Safe Search Filtering. Kemampuan ini disediakan untuk menyaring sajian-sajian khusus orang dewasa. Jika kita memilih Use strict filtering maka Google akan memblokir sajian khusus dewasa itu - baik berupa teks maupun gambar. Opsi Use moderate filtering hanya akan memblokir gambar-gambar seksual yang eksplisit. Jika kita tidak menghendaki penyaringan, pilih saja Do not filter my search results.
  9. Klik tombol Simpan Pilihan atau Save Preferences.
Nah, kta sudah siap untuk melakukan pencarian.

1 komentar:

Replacement Car Keys mengatakan...

I am not a huge fan of the new stuff that google has instigated in the past few weeks.

Poskan Komentar

DOANCO © 2008 Template by:
SkinCorner