29 April 2009

PROMOSI BLOG MELALUI SEARCH ENGINE

Ketika berdiskusi dengan beberapa rekan berkaitan dengan faktor-faktor yang menjadikan populeran sebuah blog yang dikelola. Ada beberapa hal yang dapat saya catat dan dan secara singkat dapat disampaikan, bahwa faktor yang yang menjadikan blog kita populer, antara lain :
  1. Rajin dalam meng-update (menulis artikel dan mempostingkan) blog secara teratur.
  2. Mengelola pengunjung blog untuk senantiasa menikmati dan memperoleh informasi2 yang diinginkan
  3. Memberikan komentar-komentar blog yang dikunjungi.
  4. Membina relatinship antar bloger, yaitu bergabung dalam Forum atau Mailing list
  5. Bertukar link (link exchange)
  6. Berkirim/ berbagi berita melalui email
  7. Pemakain bahasa pada blog yang dikelola
  8. Memasang iklan dalam dunia nyata
  9. Mendaftarkan blog pada layanan search engine.
Dalam kesempatan yang ini akan saya mencoba bahas hal-hal tersebut di atas. Pembahasan ini bukan bermaksud untuk menggurui atau merendahkan rekan2. Jauh dari itu semua! Namun dalam hal ini saya berpahaman, hanya sebatas pada tataran "saling membagi", dengan harapan akan terjadi suatu hubungan yang lebih dekat dan akrab lagi sehat dalam mengembangkan kreatifitas yang menarik dan positip dimasing-masing kita. Kali ini topik yang saya bahas, yaitu mendaftarkan blog pada layanan searh engine dalam kaitannya mempromosikan blog. Agar blog rekan2 populer, adalah dengan mendaftarkannya pada layanan Search Engine yang sudah kita kenal, seperti : Google, Yahoo, Msn. Cara mendaftarnya klik disini.
Walaupun hampir dapat dipastikan bahwa setiap layanan blog memiliki fasilitas pencarian dengan cara mengindeks link pada data base mereka sendiri.Cara yang paling praktis dan sederhana dalam mempromosikan blog adalah dengan menggunakan auto web submit. Ada banyak layanan yang disediakan secara gratis untuk mendaftarkan blog kita pada layanan search engine. Selain 3 layanan sudah yang disebutkan di atas dapat pula dipakai rujukan lain adalah di mypagerank. Rujukan penggunaan layanan ini dikarenakan adalah kemudahannya untuk mendaftarkan blog ke beberapa searh engine besar. Daftar search engine besar dapat dilihat disini.
Untuk mempromosikan blog ke seluruh searh engine tersebut masuk saja situs multisubmiter searh engine yang dapat diakses di http://www.mypagerank.net/service enginessubmit index. Perlu disadari pula bahwa cepat atau lambatnya blog rekan2 terindek, adalah Sudah barang tentu tergantung dari bagaimana masing-masing dari searh engine tsb mengindeks halaman blog rekan2.

17 komentar:

Stop Smoking Aids mengatakan...

Nomer 1 nih
ya, skrg sy sedang menjalankan perintah bapak.. dengan memberi comment ke blog orang.

Trims.:)

Rangga mengatakan...

oke,gw coba deh..
skrg gw coba pasang posting ke blog ini...

apan mengatakan...

Thanks buat tips nya......

yanuar mengatakan...

thank's untuk informasinya.....................

ACHA mengatakan...

terima kasih banyak mas....infonya berguna bangetss!!!!!

Unknown mengatakan...

hii ni cuma mampir thanks yaa coba coment di blogku di www.planetmusicblg.co.cc

angga nafis mengatakan...

hmmmm,,,,,,, coba coba hehe

ZIGHE-SP3 mengatakan...

MAS MAKASIH INFONYA INI SANGAT MEMBANTU SAYA . SOALNYA SAYA BARU AJA COBA2 BIKIN BLOG. INI BLOG SAYA ZIGHE.BLOGSPOT.COM MAMPIR YA MAS. TOLONG KASIH MASUKAN KE SAYA TENTANG BLOG SAYA MAS

sunBLOG mengatakan...

thx buat info2nya...

Hendi mengatakan...

makasih buat sarannya bu moga bermanfaat,,

KumpulantipsMenggairahkan mengatakan...

Komplit juga tipnya thanks!

Al Madinah mengatakan...

makasih mas infonya...ini bermanfaat sekali buat saya kunjungi juga blog saya

wilianto bagus mengatakan...

mau sedikit cerita nich Om, blog yang saya kelola dari tahun 2006 telah dihapus semua oleh blogspot. sangat sedih hatiku, padahal rangking alexa nya lumayan tinggi. Usut-punya usut ternyata blog saya telah melanggar peraturan dari blogspot ( emang sich waktu itu saya suka copas blogger lain, tapi saya tetep dongkol soalnya setiap copas saya selalu menampilkan link sumber ) yaudah.. blm rejeki kali..Kenangan terindah adalah salah satu blog saya sudah bisa menghasilkan uang (dari hasil jualan ebook )Sekarang saya mau bangkit lagi, saya bikin blog lagi dan agar blog saya cepet terindex salah satu cara yang di tempuh adalah sering berkunjung ke blogger lain dan meninggalkan comentar. Om lukito, inyong numpang lapak untuk blog inyong yach..???? Buat Om lukito dan agan2 yang lain silahkan kunjungi blog saya yang baru berumur 2 minggu ini.. thanks
http://top-rekomendasi.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

ia saya coba sekarang trimss atas sarannya..
nie alamt saya http://rifaiberbagi.blogspot.com

Tour Muslim mengatakan...

sipp deh buat infonya :D

Ambara Dana mengatakan...

nice info,,,,,
ane mau nyontek caranya,,,,
hehehe

nitip alamat blog y
trio-sabuduh.blogspot.com

david mengatakan...

info yang bagus
lagi butuh pencerahan setelah blog mengalami eror

numpang iklan blog
beritakalian20.blogspot.com

Posting Komentar

DOANCO © 2008 Template by:
SkinCorner