10 Desember 2008

DIODA HUBUNGAN

Dioda hubungan dapat mengalirkan arus listrik yang besar hanya satu arah saja dan tidak dapat mengalirkan arus sebaliknya. Dioda ini biasanya dipergunakan untuk perata arus pada power supply (catu daya atau sumber tenaga). Jenis dioda ini di pasaran umumnya disebut silikon saja dan diberi diagram dengan simbol :Dioda ini berkapasitas besar yang dinyatakan dengan amper dan mempuhyal daya tahan terhadap tegangan yang dinyatakan dengan volt. Jadi setiap silikon yang dibeli di toko elektronika rrempunyai kapasitas daya tahan terhadap arus dan tegangan.
Misalnya:
Silikon 1 N 4002 ada dua macam yakni berkapasitas 1 A150 V dan berkapasitas 1 A/100 V.

Silikon 1 N 4001 berkapasitas 1 A/50 V. Silikon Iainnya 1 N 4148.
Banyak silikon yang berkapasitas besar mulal dari 1 A hingga 30 A dengan daya tahan terhadap tegangan 25 volt hingga ribuan volt.
Silikon ini terdiri dari hubungan PN (positif dan negatif) dan warnanya biasanya hitam; ada juga silikon yang berwarna merah dan hijau seperti BY 127.
Selain dari perata silikon di atas, ada juga perata yang telah terangkai disebut silicon bridge. Silikon ini terbentuk dari empat silikon biasa dan dicetak dalam bentuk papan dengan empat kaki terminalnya. Dua kaki yang diberi simbol dihubungkan ke AC volt dari output transformator sedangkan kaki terminal + dan kaki terminal — pada silicon bridge dihubungkan ke kaki kondensator elektrolit sehingga terbentuk sebuah catu daya.
Silikon bridge ini mempunyai kapasitas daya tahan terhadap arus dan tegangan dengan ukuran 1 A hingga 30 A dengan kapasitas tegangandari 50 V sampal di atas
1.000 V.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

blognya mirip satrio game,,,hehe

Poskan Komentar

DOANCO © 2008 Template by:
SkinCorner