19 April 2009

MEMBERI EFEK TRANSISI

Cobalah, diputar klipnya sekali lagi. Perhatikan perpindahan (transisi) dari satu klip ke klip foto berikutnya. Mungkin melihat sebuah foto muncul dan kemudian hilang begitu saja digantikan oleh foto berikutnya. Dalam editing video, teknik transisi seperti ini disebut cut to cut. Bolehkah kita menggunakan teknik seperti ini? Jawabnya tentu boleh.

Tetapi jika ingin menggunaka transisi yang lain, Windows Movie Maker menyediakan beragam transisi. Kita dapat mencobanya beberapa piliuhan transisi yang disediakan oleh Windows Movie Maker, dan memilih yang paling pas untuk video klip.
  1. Kalau Collections Pane belum terbuka, bukalah terlebih dahulu dengan meng-klik tombol Collections pada toolbar.
  2. Karena efek transisi ini diletakkan diantara dua buah klip, jadi pilihlah klip yang terakhir diantara dua klip itu. Misalnya, akan memberi efek transisi diantara klip pertama dan kedua, klik klip yang kedua dari urutan klip foto yang ada di dalam timeline/storyboard.
  3. Untuk efek transisi, klik folder Video Transitions pada Collections Pane.
  4. Lihat pilihan efek transisi ini di dalam Cotens Pane.
  5. Sebelum memasukkan efek transisi ini, bisa melihat seperti apa transisi ini akan ditampilkan. Pilih salah satu efek transisi, misalnya dipilih efek transisi Bars. Kemudian klik tombol Play.
  6. Setelah menemukan efek transisi yang tepat, tekan tombol kanan mouse pada efek yang dipilih. Klik perintah Add to Timeline pada opsi yang muncul.
  7. Coba diputar klipnya. Dan lihat di layar monitor tampilan video klip setelah ditambahkan efek transisi.

Setelah dilihat-lihat lagi, mungkin tidak merasa cocok dengan transisi yang sudah dipilih. Mau menghapus transisi itu? Bisa saja dihapus, caranya :
  1. Pilih transisi video yang akan dihapus di dalam track Transition.
  2. Tekan tombol kanan mouse dan klik perintah Delete pada opsi yang muncul.
  3. Efek transisi pun akan hilang.

Kalau akan mengganti efek transisi yang sudah dimasukkan, hapus dulu efek transisi yang akan diganti, baru kemudian pilih efek transisi yang baru. Dan caranya sama seperti yang dibahas didepan.

0 komentar:

Poskan Komentar

DOANCO © 2008 Template by:
SkinCorner