03 September 2008

LASKAR PELANGI

Kori Layun Rampan seorang sastrawan mengatakan bahwa Novel Laskar Pelangi yang dtulis oleh Andrea Hirata adalah sebuah novel dengan cerita yang mengharukan tentang dunia pendidikan dengan tokoh-tokoh manusia sederhana, jujur, tulus, gigih, penuh dedikasi, ulet, sabar, tawakal, taqwa yang dituturkan secara indah dan cerdas. Pada dasarnya kemiskinan tidak berkorelasi langsung dengan kebodohan atau keginiusan. Sebagai penyakit sosial, kemiskinan harus diperangi dengan metode pendidikan yang tepat guna. Dalam hubungan itu hendaknya semua pihak berpartisipasi aktif sehingga terbangun sebuah monumen kebajikan di tengah arogansi uang dan kekuasaan materi.

Sekilas Tentang Andea Hirata :
Dia lahir di Belitong. Meskipun studi mayornya Ekonomi, ia amat menggemari sains-fisika, kimia, biologi, astronomi dan sastra. Novel yang lainnya setelah Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor. Ia lebih mengidentikan dirinya sebagai akademisi. Sekarang ia tengah mengejar mimpinya yang lain untuk tinggal di Kye Gompa, desa tertinggi di dunia, di Himalaya. Andrea berpendidikan ekonomi dari Universitas Indonesia. Mendapat beasiswa Uni Eropa untuk studi master of science di Universitas de Paris, Sorbonne, Prancis dan Sheffield Hallam University, United Kingdom. Tesis Andrea di bidang ekonomi telekomunikasi mendapat penghargaan dari kedua universitas tersebut dan ia lulus cum laude. Tesia itu telah diaptasi ke dalam bahasa Indonesia dan merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia. Dan beredar sebagai buku referensi ilmiah. Saat ini Andrea tinggal di Bandung dan bekerja di kantor pusat PT Telkom.

Yang berminat untuk membaca buku Laskar Pelangi dapat download link disini

1 komentar:

Finance Information mengatakan...

Buku ini sangat menginspirasi saya atas kehidupan yang penuh norma dan perjuangan.. Setidaknya saya bersyukur dengan apa yang telah saya dapat sekarang karena masih banyak orang-orang yang sangat membutuhkan bantuan

Poskan Komentar

DOANCO © 2008 Template by:
SkinCorner