29 November 2008

ISTILAH DAN KEMAMPUAN KHAS GOOGLE

Ada beberapa istilah yang mungkin akan sering kila temui selama menggunakan Google. Berikut ini beberapa istilah tersebut.

I’m Feeling Lucky/ Saya Lagi Beruntung
Di halaman depan Google, ada satu tombol bertuliskan I’m Feeling Lucky atau Saya Lagi Beruntung. Tombol ini sebetulnya juga tombol yang menjalankan perintah pencarian, seperti halnya tombol Search atau cari. Bedanya, dengan I’m F Feeling Lucky, Google akan menyodorkan situs web yang dianggap paling relevan dengan kata kunci yang kita pilih.
Dengan I’m Feeling Lucky kita tidak akan memperoleh daftar hasil pencarian. Google hanya akan memberikan situs web pada urutan pertama saja. Contohnya, ketika kita memakai kata kunci indonesia dan kemudian menekan tombol I’m Feeling Lucky, Google akan langsung mengarahkan kita ke halaman web “CIA — The World Factbook —Indonesia” yang terletak di http://www.cia.gov/ cia /publications/factbook/geos/id.html

Similar Pages/Halaman Serupa
Pada halaman hasil pencarian Google, tidak jarang kita akan mendapatkan sebuah link dengan label Similar Pages atau Halaman Serupa. Jika kita klik link tersebut maka Google diperintahkan untuk menemukan halaman web lain yang berkaitan dengan halaman web yang telah ditemukan sebelumnya.
Ada beberapa faktor yang dipertimbangkan oleh Google untuk menentukan ada tidaknya hubungan antara satu halaman web dengan halaman web lain. Faktor-faktor itu antara lain meliputi popularitas halaman web yang saling me-link, letak. ukuran, dan kedekatan antara satu link dengan link lain. Fasilitas ini bisa kita manfaatkan untuk:
  1. Menernukan situs-situs web yang menyediakan informasi yang mirip dengan informasi yang anda cari, namun tidak terpikir sebelumnya. Ini tentu saja jika anda berminat pada informasi-informasi serupa.
  2. Membantu menemukan sumber-sumber informasi yang lebih banyak tanpa perlu khawatir memilih kata kunci yang tepat. Ini jika Anda berminat melakukan riset di bidang terterttu.
Cached/Salinan
Setiap kali robot Google mengunjungi doku¬men-dokunen web untuk diindeks, Google sekaligus membuat salinan dokumen-dokumen sebagai cadangan di server Google. Salinan itu juga yang dijadikan patokan untuk mencocokan kata kunci anda dengan sumber-sumber yang ada di Internet. Dalam beberapa kasus versi salinan dari sebuah dokumen web yang terdapat di server Google bisa jadi berbeda dengan versi terbaru dokumen tersebut di server asalnya. ini bisa terjadi pada dokumer-dokumen yang sering di-update oleh pengelolanya. Meskipun belum tentu menyajikan informasi terbaru, dokumen versi salinan ini bisa bermanfaat bagi kita jika suatu ketika server asal dokumen tersebut sedang tidak bisa diakses, atau jika pemilik dokumen tersebut menghapusnya dari server. Untuk membaca salinan dokumen web, kliklah link Cached atau Salinan yang terdapat pada halaman hasil pencarian. Google mencatat waktu penyalinan sebuah dokumen. Catatan ini sangat bermanfaat jika anda bermaksud mengutip isi dokurnen dan menerakannya sebagai daftar pustaka.

More results from
Suatu saat mungkin kita mendapatkan link yang bertuliskan “More results from” di halaman hasil pencarian. Link ini menandakan bahwa Google menemukan halaman web lain di situs yang sama, yang mengandung kata kunci yang telah kita tentukan. Klik link itu, dan kita akan mendapatkan halaman web yang lebih banyak dari situs web yang sama. Kebanyakan istilah-istilah khas tersebut di atas akan kita jumpai di halaman hasil pencarian.

0 komentar:

Poskan Komentar

DOANCO © 2008 Template by:
SkinCorner