17 November 2008

PENERJEMAH GOOGLE

Walaupun sebelumnya sudah banyak layanan penerjemah bahasa online. Bahasa Indonesia hampir dapat dipastikan tidak termasuk salah satu pilihan bahasa yang diterjemahkan. Sehingga layanan-layanan tsb hampir tak "tersentuh oleh pengguna di negeri yang namanya Indosesia. Tetapi Google memberi kabar yang menggenbirakan dengan tambahan layananannya, yaitu "Google Translation". Layanan yang diberikan Google dalam menterjemahkan bukan untuk menterjemahkan teks, tetapi juga penerjemahan halaman website. Dengan memanfaat Google Translation, hasil yang diterjemahkan tidak hanya terbatas 300 kata saja ( seperti Toggletext.com), namun keseluruhan kata yang tersedia. Kelebihan yang lain teks yang diterjemahkan bukan hanya berasal dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Tetapi juga ke dalam bahasa Arab, China, Belanda, Inggris, Jepang, Korea, Filipina, Prancis, Jerman, Rusia, Spanyol, Swedia, Vietnam dan masih banyak bahasa yang lain yang dapat di akses di www.translate.google.com Apabila rekan2 berkeinginan untuk menggunakan layanan ini untuk memberikan fasilitas bahasa Inggris di dalam website, maka copy kode HTML di bawah ini :
<em>
<ahref=http://translate.google.com/translate?=http%3A%2F%2F
www.doanco.blogspot.com&hl=en&ie=UTF-8&sl=id&tl=en>English Version</a></em>
Untuk pemasangan dalam website atau blog teks berwarna biru ganti dengan alamat website dari rekan2. Sedang untuk mengganti hasil terjemahan ke bahasa lain, dengan merubah parameter tl=en (teks berwarna merah), misalnya
  • terjemahan ke bahasaJepang parameter tl=en ganti dengan tl=ja
  • terjemahan ke bahasa Jerman parameter tl=en ganti dengan tl=de
Dengan fasilitas ini dapat menunjukkan blognya ke pemilik blog di mancanegara. Dengan demikian secara tidak disadari rasa percaya diri rekan2 bertambah walaupun kemapuan berbahasa asing terbatas atau tidak bisa sama sekali.

Untuk Pemasangan dalam blog :
  1. Sign in di blogger
  2. Klik menu Layout
  3. Klik menu Elemen Halaman
  4. Klik tulisan Tambah Sebuah Halaman Elemen
  5. Klik tulisan TAMBAHKAN KE BLOG dibawah tulisan HTML/javascrip
  6. Copy kode yang ada pada notepad, kemudian paste pada kolom yang tersedia
  7. Klik tombol SIMPANPERUBAHAN
  8. Pindahkan elemen yang baru dibuat pada tempat yang rekan2 inginkan,
  9. Lalu klik tombol SIMPAN

0 komentar:

Poskan Komentar

DOANCO © 2008 Template by:
SkinCorner