16 Mei 2009

BROWSER Web

Browser adalah program yang digunakan untuk menampilkan informasi dari suatu halaman web yang tersimpan dalam komputer. Dengan menerapkan Grafik User Interface (GUI), maka pengguna internet dengan mudah mengakses informasi-informasi yang terdapat didalam Internet. Hanya dengan menggunakan tombol mpuse, maka para pengguna Internet dengan mudah mencari informasi dan dapat berpindah dari halaman yang satu ke halaman yang lainnya (link).

Cara kerja dari sebuah browser web adalah sebagai berikut :
  1. Browser mengambil sebuah informasi melalui jarigan Internet pada sebuah server web, dengan menggunakan perintah Request atau permintaan yang berisi sebuah alamat yang diminta oleh browser web.
  2. Server Web memberikan umpan balik atau feedback, dengan memberi perintah Response untuk setiap perintah Request yang kemudian dilanjutkan dengan memberikan informasi yang diminta oleh browser web.
  3. Browser Web menampilkan informasi yang telah diterima dari Server Web. Informasi yang diberikan atau perintah yang digunakan, secara keseluruhan menggunakan fasilitas khusus yang disediakan oleh browser web. Fasilitas tersebut lazimnya dikenal dengan tag-tag atau kode-kode yang hanya dapat divbaca oleh browser web. Seluruh Informasi yang disimpan dalam sebuah dokumen web, menggunakan format HTML.
  4. Pada dasarnya dokumen web adalah sebuah dokumen teks biasa yang apabila ditampilkan melalui sebuah teks editor sembarang seperti Notepad akan tampak sebuah dokumen yang tidak ada artinya. Namun bila dokumen web telah dijalankan pada sebuah browser, maka akan tampak sebuah informasi yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Sebagai contoh nyata adalah apabila melihat sebuah paragraf di dalam sebuah dokumen web, kemudian dibuka source code-nya, maka akan tampak sebuah tag yang mewakili paragraf. Misalnya untuk tag yang mewakili paragraf, akan tercetak sebagai berikut <p> .......</p>

0 komentar:

Poskan Komentar

DOANCO © 2008 Template by:
SkinCorner