17 Mei 2009

ISITILAH - TILAH

Beberapa istilah yang sering dipergunakan dalam pemograman web, antara lain :
  • Internet adalah kependekan dari Internasional Networking, yang artinya jaringan berskala internasional/global yang dapat membuat masing-masing komputer saling berkomunikasi.
  • Intranet merupakan jaringan komputer berskala kecil, hanya memiliki beberapa Web Server yang diperuntukkan organisasi atau perusahaan, dan digunakan sebagai sarana berkomunikasi antara komputer dalam organisasi tersebut.
  • TCP/IP adalah kependekan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol artinya protokol yang terdiri dari sub-protokol, yang beroperasi pada lapisan yang berbeda. Ini merupakan protokol standart Internet. Protokol ini memberikan nomor Unix pada setiap komputer yang terkoneksi.
  • URL adalah kependekan dari Uniform Resource Locators, artinya sebuah alamat di dalam Internet yang teridiri atas 2 bagian. Bagian pertama adalah pengenal protokol dan bagian kedua adalah pengenal domain.
  • HTTP adalah kependekan dari HyperText Transfer Protokol artinya adalah protokol yang berfungsi untuk mendefinisikan dan menjelaskan bagaimana server dan client berinteraksi dalam mengirim dan menerima dokumen web. Protokol ini didesain untuk menstransfer berkas yang berisi hypertext seperti berkas yang berisi HTML yang digunakan di World Wide Web.
  • FTP adalah kependekan dari File Transfer Protokol, artinya sebuah protokol yang dipergunakan untuk mengirim berkas diantara dua komputer.
  • Gophers adalah protokol publikasi informasi berbasis karakter yang menggunakan menu untuk mengakses teks, menempatkan informasi yang disimpan pada internet servers dengan menggunakan hirarki menu.

0 komentar:

Posting Komentar

DOANCO © 2008 Template by:
SkinCorner