06 Mei 2009

SEO

Ketika sebuah pesan SMS disampaikan seseorang yang menamakan diri Farid kepada saya berkaitan dengan blognya agar dapat tampil di halaman depan saat searching. Say amencoba memcari referensi untuk menjawab persoalan tersebut. Singkat cerita semuanya berkaitan dengan SEO. Lalu pertanyaannya seperti apa itu SEO? Pertanyaan yang sangat menarik untuk dijawab.SEO (Search Engine Optimization) yang dapat diberi pengertian sebuah ilmu yang mempelajari perilaku user / pemakai / pengunjung website dan aturan yang ada pada mesin pencari (seperti Google, Yahoo, MSN dll) serta apa yang dilakukan pada website yang dikelola, sehingga website tersebut senantiasa muncul pada urutan teratas saat user memasukkan kata kunci pada mesin pencari( SERP= Search Engine Result Pages).
Pertanya yang selanjutnya apa gunanya SEO? Secara bahasa sederhana dapat dijawab, yaitu untuk menarik pengunjung baru ke situs rekan2 dan website menjadi mudah ditemukan oleh pengunjung.
Tak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar atau bahakan semua pengguna internet akan menggunakan Searh Engine bila tak mengetahui situs mana yang akan dituju untuk memenuhi kebutuhannya. Disinilah menarikknya, karena pengunjung jarang sekali yang akan rela, meneliti satu per satu semua hasil pencarian searc engine. Untuk itulah peringkat yang bagus di search engine mutlak diperlukan.
Lalu bagaiamana dengan SEO? Sebagaimana dalam memasarkan sebuah produk didunia nyata. hal yang paling dibutuhkan sadalah sebuah "brand". Branding dalam arketing adalah sebuah keniscayaan. Sehingga customer selalu ingat akan sebuah produk setiap dia membutuhkannya.
Demikian hal dengan SEO siapakah customernya? Tidak lain adalah Search Engine itu sendiri. Nah, stu clue sudah didapat sekarang tinggal bagaimana agar Search Engine dapat selalu mengingat website rekan2 setiap ada kata kunci (keyword - yang akan dibahas tersendiri)) yang berhubungan dengan website rekan.

1 komentar:

situs pasang iklan mengatakan...

Search engine memang adalah ladang yang potensial untuk menggaet pelanggan yg tertarget...

Posting Komentar

DOANCO © 2008 Template by:
SkinCorner