29 September 2009

PREFORMATED TEXT

Untuk mendifinisikan sebuah text preformate dalam dokumen HTML, digunakan erintah / tag <pre> agar tampak berbeda dengan teks yang lainnya. Biasanya hasil dari sebuah text yang terformat akan seperti text yang ditampilkan apa adanya. Sintaksnya adalah sebgai berikut :

<pre> .... teks .... </pre>

Contoh Penggunaan Preformated Text

<html>
<head>
<title>
Contoh Penggunaan Preformated Text
</title>
</head>
<body>

<p align="center">
<Font face="Microsoft San Serif" size="4">
DIMANA RUANG BELAJARKU....??????
</font>
</p>

<hr>
<p align="justify">
<b>
<Font face="Comic San MS" size="2">
<var>
by Doanco
13/09/2009
</var>
</font>
</b>
</p>

<pre>
<font face="Comic San MS" size="2">
Pagi ini sy datang ke sekolah dengan niatan untuk mengajar. Semalam saya menyiapkan segala keperluan untuk mengajar. Karena materi yang kuajarkan adalah materi yang cukup rumit karena hampir sebagaian besar menyangkut etika dalam pelaksanaan bekerja. Namun apa yang terjadi? Ketika saya mau mengajar kuperhatikan anak2 masih diluar. Kemudian kutanyakan pada mereka mengapa tidak masuk dikelas. Mereka sontak menjawab:"Tidak ada ruangan untuk belajar, pak? Lalu kataku dengan heran :"Hah..! Apa? Tidak ada ruangan?" Dengan perasaan jengkel anak2 saya tinggal pergi lalu saya tanya pada beberapa rekan pengajar. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

<u>
<var>
Sebenarnya saya merasa malu dan risi dengan beberapa komentar yang disampaikan anak-anak lewat dunia maya (facebook) sebagai media untuk menyampaikan "unek-uneknya" itu. Seperti : "Sudah bayar sekolah tetapi tidak dapat ruang belajar, sekolah ...!(kata-kata jorok sekali), sekolahe dibakar ae!, Ngene iki mending ning blandong(cafe tempat kumpul anak sekolahan) yo,,,pesan cappucino plus dengerke lagu2 klasik - ayo mulih ae!, demo ae....!!!!"
</var>
</u>
</font>
</pre>

<pre>
<font face="Comic San MS" size="2">
Mereka menyampaikan pesan-pesan tersebut dengan bahasa yang lugas dan tegas, apa adanya. Yang pada prinsipnya saya menangkap bahwa mereka belajar merasakan tidak ada kenyaman.
</font>
</p>
</body>
</html>

Simpan dengan nama Contoh 4.28.htm lalu jalankan pada browser seperti gambar berikut :
Catatan :
Tag Preformated / <pre> tidak boleh diletakkan berdampingan dengan tag Paragraf <p>. Karena keduanya memiliki fungsi yang sama yang akan mengakibatkan tampilan sebuah halaman akan tampak adanya baris kosong antara tag paragraf dan tag preformated.

0 komentar:

Posting Komentar

DOANCO © 2008 Template by:
SkinCorner