15 Mei 2009

WWW

WWW adalah kependekan dari World Wide Web, atau lebih dikenal dengan nama web. Web adalah layanan yang didapat oleh pemakai komputer apabila komputernya tersambung dengan Internet. Dengan web pengguna komputer diseluruh dunia dapat salaing berinteraksi dengan pengguna internet lainnya tanpa harus beranjak dari tempat dimana internet tersebut diakses. Dengan mengakses internet, para pengguna jasa layanan internet dapat dengan mudah memperoleh informasi yang diinginkan, bahkan dapat menyimpan program atau gambar yang ditampilkan dari media internet.

Pada awalnya web merupakan suatu ruangan yang dapat menampung informasi dalam jaringan internet pada sebuah browser dengan menambahkan kemampuan untuk mengolah kode-kode tertentu yang secara umum dinamakan tag-tag (delimiter) dan kemmpuan dapat meloncat (link) dari halaman satu ke halaman yang lainnya. Kemudian kemampuan dari browser tersebut ditingkatkan sampai dengan pengelolaan sebuah gambar, suara, animasi, bahkan kemampuan dalam pengelolaan sebuah database dari sebuah aplikasi berbasis web dengan bahasa pemograman atau sripct yang dapat dijalankan oleh Internet/Intranet, seperti ASP, PHP, dan JScript.

Selanjutnya perkembangan web lebih banyak dikenal dengan nama Internet, karena kemampuan dari interface web yang dapat mengelola layanan-layanan yang terdapat di dalam internet, seperti berkomunikasi di internet yang dikenal dengan nama Chatting, berkirim surat dengan relasi, misalnya bisnis atau para kolega yang dikenal dengan nama Email, transaksi bisnis dikenal dengan E-Commerce, layanan publik dari suatu pemerintah yang dikenal dengan E-Government, layanan pendidikan dengan nama E-learning, serta layanan perbankan dengan nama E-Banking.

Bahkan perkembangan internet sudah merambah sampai telepon seluler/Ponsel dengan protokol berbasis Wireless atau dikenal dengan nama WAP melalui teknologi GPRS pada operator GSM.

Link artikel, jangan dilewatkan :

0 komentar:

Poskan Komentar

DOANCO © 2008 Template by:
SkinCorner